Pengalaman Mendaftar Beasiswa Ketika Sudah Tiba di Jepang

by - April 08, 2020


Sebagai orang Indonesia, tentu saja membayar biaya kuliah di Jepang secara pribadi bukanlah hal yang mudah. Biaya kuliah disini bisa 5 – 10 kali lipat lebih mahal dari Indonesia.

Kebanyakan orang Indonesia yang kuliah disini pasti sudah mendapatkan beasiswa sebelum pergi ke Jepang, misalnya melalui Beasiswa MEXT, LPDP, INPEX, dll. Seperti yang diceritakan sebelumnya, kalau aku mendaftar kuliah ketika sudah di Jepang. Tentu saja aku pun mendaftar beasiswa sesudah tiba di Jepang. No idea rasanya.

Aku pernah berpikiran tidak mau kuliah S2 tanpa mendapatkan beasiswa sebelum masuk, tapi aku mau tetap tinggal di Jepang. Tentu saja itu hampir mustahil, mengingat kebanyakan beasiswa sebelum masuk itu diberikan kepada mereka yang belum tiba di Jepang.

Aku hampir memaksa kak Irfan untuk segera pulang ke Indonesia, atau pindah negara. Namun semuanya berubah ketika aku bertemu seorang temannya temanku yang sedang berkuliah sarjana di Waseda University. Dia bercerita bahwa dia mendapatkan beasiswa MEXT sesudah tiba di Jepang, alias sesudah masuk ke kampusnya. Tentu saja berarti awalnya dia bermodal untuk membayar biaya kuliah semester pertama.

Tapi selang beberapa waktu dia masuk, ada beasiswa MEXT untuk undergraduate yang belum mendapatkan beasiswa. Dia tidak yakin apakah ada beasiswa MEXT untuk magister juga atau tidak, tapi dia meyakinkanku betapa banyaknya beasiswa yang ditawarkan di Jepang untuk orang asing. Saking banyaknya, sampai persaingannya hampir tidak ada.

Di titik itulah, aku percaya diri untuk langsung mendaftar kuliah di Jepang. Tentu saja, aku berani saat itu karena aku mempunya privilege dimana suamiku mau membayarkan modal kuliah pertamaku. Namun, karena memodaliku di Waseda University itu sangat menakutkan biayanya, maka aku memilih untuk masuk di Rikkyo University. Modal biaya semester pertamaku saat itu adalah 569.750 yen (±75 juta rupiah).

Btw, sebenarnya di Waseda University ada MEXT sebelum masuk kuliah juga. Tapi dia hanya ada di gelombang pertama saja. Karena pada saat itu aku belum siap tes GMAT, dan biaya pendaftarannya sendiri mahal, aku merasa memang aku belum siap masuk Waseda University saat itu. Mungkin teman-teman bisa coba untuk mendaftar gelombang pertama Waseda University yang ada beasiswanya itu.

*****

Setelah aku diterima Rikkyo University pada semester Fall 2019, baru pihak international office memberiku segala informasi tentang tata cara mendapatkan beasiswa disana. Aku simpulkan dalam satu semester pertama, aku mendapatkan 3 jenis beasiswa/financial aid, untuk Fall semester, semuanya internal dari kampus saja:
  1. Beasiswa dari Rikkyo University sebesar 70.000 yen per bulan
  2. Beasiswa dari jurusan sebesar 150.000 yen per bulan
  3. Potongan tuition fee sebesar 30%

Dari satu semester saja, aku bisa menutup biaya kuliah satu semester, dan bahkan ada lebihnya. 

Untungnya aku tidak perlu biaya hidup sehari-hari sih makanya jadi sangat bersyukur dengan mendapatkan itu.

Namun, barulah untuk semester Spring, pilihan beasiswa bertebaran. Walau kebanyakan beasiswa ditujukan kepada mahasiswa asing yang bisa berbahasa Jepang, tapi banyak juga kok beasiswa yang tidak mengharuskan kemampuan Bahasa Jepang. Untuk melihat jenis beasiswa yang ada di Jepang, jumlah, dan timeline pendaftarannya bisa dilihat disini ya


Tapi tidak semua beasiswa disitu bisa ada di kampus yang kamu pilih. Ada beasiswa yang hanya untuk 10 besar kampus terbaik di Jepang, tapi ada pula yang bisa untuk kampus-kampus yang masuk Top Global University Japan, ada 37 kampus. Kamu bisa lihat list kampusnya disini

Alhamdulillah Rikkyo University ada dalam daftar itu sehingga banyak sekali beasiswa yang ditawarkan. Bahkan ternyata baru sejak akhir tahun kemarin, ada MEXT juga loh untuk kampus-kampus yang masuk Top Global University Japan. Sayangnya aku terlanjur mendaftar beasiswa lain, jadi aku tidak bisa mendaftar di MEXT itu deh. Sempat menyesal sih tapi ya sudahlah hehe.
Aku akan cerita lebih lanjut tentang beasiswa dari eksternal yang aku dapatkan lain kali ya. Btw aku baru saja dapat pengumuman lolosnya aku dari beasiswa tersebut kemarin hehe. Tentu saja nilainya wow untuk aku.

Alhamdulillah.

Kalau ada pertanyaan lain, tanya saja ya bisa disini or via Instagram aku.
Semoga bermanfaat.

Cheers,
Sintia

Masalah ini sudah aku upload ya di youtube aku. Kunjungi yaa...


You May Also Like

0 comments

Instagram